Histori Masjid di Dunia


Masjid atau mesjid yaitu tempat tinggal tempat beribadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, serta mesjid memiliki ukuran kecil juga dimaksud musholla, langgar atau surau. Terkecuali tempat beribadah masjid juga sebagai pusat kehidupan komune muslim. Kegiatan – aktivitas perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah serta belajar Al Qur’an kerap ditunaikan di Masjid. Bahkan juga dalam histori Islam, masjid ikut memegang fungsi dalam kesibukan sosial kemasyarakatan sampai kemiliteran.

Menara-menara, dan kubah masjid yang besar, seolah jadi saksi begitu jayanya Islam pada kurun era pertengahan. Masjid sudah lewat rangkaian tahun-tahun terpanjang di histori sampai saat ini. Mulai dari Perang Salib hingga Perang Teluk. Sepanjang kian lebih 000 th. juga, arsitektur Masjid perlahan mulai sesuaikan bangunan masjid dengan arsitektur modern.

Masjid Nabawi, yang artinya Masjid Nabi. Masjid Nabawi terdapat di pusat Madinah. Masjid Nabawi di bangun di satu lapangan yang luas. Di Masjid Nabawi, juga ada mimbar yang kerap diperlukan oleh Nabi Muhammad saw. Masjid Nabawi jadi jantung kota Madinah kala itu. Masjid ini dimanfaatkan untuk aktivitas politik, rencana kota, memastikan siasat militer, serta untuk mengadakan kesepakatan. Bahkan juga, di ruang sekitaran masjid dimanfaatkan sebagai rumah sesaat oleh beberapa orang fakir miskin. Sekarang ini, Masjidil Haram, Masjid Nabawi serta Masjid al-Aqsa yaitu tiga masjid tersuci didunia.

Masjid lalu di bangun di daerah luar Semenanjung Arab, bersamaan dengan golongan Muslim yang bermukim diluar Jazirah Arab. Mesir jadi daerah pertama yang dikuasai oleh golongan Muslim Arab pada th. 0. Mulai sejak kala itu, ibu kota Mesir, Kairo dipenuhi dengan masjid. Oleh karena itu, Kairo dijuluki sebagai kota seribu menara. Beberapa masjid di Kairo bermanfaat sebagai sekolah Islam atau madrasah bahkan juga sebagai tempat tinggal sakit. Masjid di Sisilia serta Spanyol tdk menirukan design arsitektur Visigoth, akan tetapi menirukan arsitektur bangsa Moor. Beberapa ilmuwan lalu memprediksi kalau bentuk bangunan pra-Islam lalu dirubah jadi bentuk arsitektur Islam ala Andalus serta Magribi, mirip contoh lengkung tapal kuda di pintu-pintu masjid.

kontraktor kubah masjid
Masjid pertama di Tiongkok berdiri pada era ke 8 Masehi di Xi’an. Masjid Raya Xi’an, yang paling akhir kali di rekonstruksi pada era ke 8 Masehi, ikuti arsitektur Tiongkok. Masjid di sisi barat Tiongkok seperti di daerah Xinjiang, ikuti arsitektur Arab, dimana di masjid ada kubah serta menara. Sedang, di timur Tiongkok, seperti di daerah Beijing, mempunyai kandungan arsitektur Tiongkok. 8

Masjid mulai masuk di daerah India pada era ke semasa kerajaan Mugal berkuasa. Masjid di India memiliki ciri-ciriistik arsitektur masjid yang lain, seperti kubah yang bersifat seperti bawang. Kubah type ini bisa diliat di Masjid Jama, Delhi. Masjid pertama kalinya didirikan di Kesultanan Utsmaniyah pada era ke Masehi, dimana pada waktu itu beberapa orang Turki mulai masuk agama Islam. Beberapa masjid awal di Turki yaitu Aya Sofya, dimana pada masa Bizantium, bangunan Aya Sofya sebagai satu katedral. Kesultanan Utsmaniyah mempunyai ciri-ciriistik arsitektur masjid yang unik, terbagi dalam kubah yang besar, menara serta sisi luar gedung yang lega. Masjid di Kesultanan Usmaniyah umumnya mengkolaborasikan tiang-tiang yang tinggi, jalur-jalur kecil diantara shaf-shaf, serta langit-langit yang tinggi, dengan juga memadukan mihrab dalam satu masjid. 9 Hingga sekarang ini, Turki sebagai tempat tinggal dari masjid yang berciri khas arsitektur Utsmaniyah.