Mendidik Anak dengan Ilmu yang Bermanfaat

Memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak adalah sebuah hal wajib yang harus dilakukan oleh orang tua. Orang tua pasti senang jika anaknya menjadi seorang yang berguna dan sukses. Bahkan mereka berkeinginan agar sang anak lebih sukses dibandingkan dengan mereka saat ini.

Oleh karena itu, sejak usia dini anak telah disekolahkan di sekolah-sekolah yang memang memberikan pendidikan untuk anak usia dini. Bahkan, selain sekolah di tempat tersebut, anak juga akan ikut pelajaran tambahan seperti kursus dan lain sebagainya. Ini tidaklah salah namun harus ada rambu-rambu yang tidak boleh orang tua langgar. Apakah itu ? Jangan sampai anak merasa tertekan dengan semua kegiatan tersebut sehingga menyebabkan anak menjadi depresi.

Apabila anak mengalami depresi dengan semua aktivitas rutinnya, bukan tidak mungkin akan merasa jenuh dan bosan serta tidak mau sekolah ataupun ikut kursus. Ini pastinya sangat tidak baik karena walaupun sang anak tidak datang ke sekolah dan juga ke tempat kursus, biaya yang dikeluarkan tetaplah sama.

Selain itu, perkembangan mental anak juga tidaklah baik. Harus diingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Sembari bermain anak akan mempelajari banyak hal yang mungkin terlihat sepele di mata orang dewasa. Namun justru itulah yang terbaik untuk anak.

Jangan buat anak anda menjadi pribadi yang pemurung dan suka melamun namun didiklah mereka untuk menjadi seorang anak yang ceria dan senang bercerita serta bersosialisasi.

Disamping berbagai ilmu dunia yang orang tua berikan kepada anak, jangan lupa untuk membekali mereka dengan ilmu-ilmu agama. Sejak usia dini anak harus dibiasakan untuk mendengar bacaan-bacaak ayat suci Al Qur’an. Jika memang anda belum begitu mahir untuk membacar Al Qur’an maka tidak ada salahnya untuk terus belajar. Atau ada metode lain yaitu melalui media suara seperti tape dan juga dvd.

Apalagi sekarang yang namanya streaming video bukanlah sesuatu hal yang aneh. Setiap orang telah terbiasa dengan kegiatan tersebut. Maka tidak ada salahnya jika anda streaming video lantunan ayat suci Al Qur’an seperti pada video yang kami lampirkan di atas. Tunjukkan video tersebut kepada anak anda dan buatlah mereka nyaman dengan hal tersebut. Umumnya anak-anak itu seperti api dan bahan bakar. Jika mereka melihat teman sebayanya dapat menghafal surat-surat pendek maka mereka juga berkeinginan untuk dapat melakukan hal yang sama.

Ini adalah sebuah momentum yang tepat dan baik bagi anda untuk terus mendorong dan memberikan semangat kepada anak agar dia mampu untuk menghafal surat-surat pendek. Jika anda memiliki kelebihan rezeki, kenapa tidak anda mencari seorang guru untuk mengajarkan kepada anak bagaimana cara membaca Al Qur’an. Selain itu, sang guru juga dapat membimbing anak untuk dapat menghafal beberapa surat-surat pendek sebagai bekal yang baik untuknya setelah sang anak beranjak dewasa.