Tips memilih wallpaper untuk dinding rumah

Dewasa ini dinding rumah tidak hanya sebagai pembatas ruangan saja, namun dapat digunakan sebagai area untuk mengekspresikan jiwa dari pemiliknya. Wallpaper adalah salah satu yang digemari sebagai pengekspresi jiwa pemilih rumah selain pemilik menggunakan cat tembok. Adapun perbandingan wallpaper dengan cat diantaranya :

 

Dari segi corak wallpaper

Dibandingkan menggunakan cat tembok, menggunakan wallpaper bisa lebih banyak corak dan motif yang dipilih. Mulai yang bermotif polos, garis, lengkung. Atau ada juga corak lain seperti bunga, polkadot, ataupun yang lainya seperti warna yang bercahaya saat gelap atau glow in the dark.

 

Dari segi efek yang ditampilkan

Dilihat dari segi efek yang ditampilkan akan berbeda karena bila menggunakan cat, mungkin tidak akan se simple saat memakai wallpaper untuk mendisain tembok untuk model yang bermotif. Meski wallpaper terbuat dari bahan yang sederhana karena berasal dari kertas namun wallpaper memiliki desain yang lebih bagus dan lebih mudah didesain sesuai keinginan kita serta bisa menamplikan efek yang lebih nyata dari pada cat tembok.

 

Dari segi harga

Harga jual wallpaper murah karena berbahan dari gulungan kertas, yang nantinya kita bisa menempelkan di tembok sesuai keinginan kita. Dibandingkan dengan cat tembok harga wallpaper lebih murah karena menggunakan kertas. Karena bila menggunakan cat untuk membuat motif-motif di dinding akan sulit dan membutuhkan banyak biaya, sebab banyaknya warna dan anda harus membeli warna-warna yang berbeda untuk mengecat satu motif.

Untuk pemasangan wallpaper ini sendiri tidak memerlukan ketrampilan khusus, namun anda harus memperhatikan teknik pemasangannya. Seperti, anda harus membersihkan dinding yang akan ditempeli wallpaper. Jika dinding sudah bercat, bersihkan dahulu cat lama lalu beri lapisan plamur. Pada bagian yang retak sebaiknya di perbaiki dahulu agar hasilnya lebih bagus. Gunakanlah lem secukupnya karena apabila terlalu banyak akan membuat permukaan dari wallpaper tidak rata.

Pilihlah wallpaper dinding sesuai keinginan anda dengan mempertimbangkan komposisi serta motif dan warnanya serta harga jual wallpaper murah ataupun mahal tergantung dari spesifikasi yang anda tentukan sendiri. Semakin baik spesifikasinya maka akan semakin mahal harganya. Perkirakan juga ukurannya, harga jual wallpaper murah atau mahal juga tergantung pada ukurannya.