Tips Merawat UPS Agar Tetap Awet

UPS atau Uniteruptible Power Supply memiliki peran yang sangat penting di kehidupan sehari – hari terutama bagi perusahaan – perusahaan besar. Bagaimana tidak, UPS dapat menjaga perangkat untuk tetap menyala jika terjadi pemadaman listrik tiba – tiba sehingga data masih sempat disimpan dan tidak hilang. Kehilangan data bagi perusahaan besar tentu menjadi masalah yang besar, sehingga perlu diantisipasi dengan dipasang UPS.

Umumnya harga jual UPS tergolong cukup mahal terutama yang berdaya besar. Sehingga perlu adanya perawatan yang benar agar ups tidak murah rusak. Adapun beberapa cara merawat UPS diantaranya :

Pastikan UPS Berada Di Tempat Sejuk dan Kering

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tempat dimana UPS tersebut diletakkan. Pastikan UPS berada di tempat yang sejuk dan kerint dengan suhu ideal yaitu tidak lebih dari 75 derajat farenheid atau 24 derajat celcius. Pasang juga ventilasi, sisakan jarak 1 atau 2 inci pada masing – masing sisi UPS agar aliran udaranya lancar. Cara ini dapat memperpanjang usia baterai UPS karna baterai UPS tidak mengalami overheating.

 

Pastikan Pengujian Runtime UPS

Menguji UPS secara berkala juga sangat penting untuk menjaga agar UPS tetap awet. Lalukan pengujian runtime UPS sekali atau dua kali dalam setahun jika diperlukan. Segera lakukan pengecekan jika ada yang tidak beres dengan UPS Anda.

 

Hindari Menyimpan Baterai Terlalu Lama

Umumnya baterai yang baru dibeli dapat disimpan selama 6 hingga 12 bulan. Namun setelah periode tersebut, baterai harus digunakan agar kemampuan chargenya tidak berkurang atau rusak. Disarankan jika memang ingin mengganti baterai, ganti ketika kemampuan baterai UPS memang sedang turun atau tidak optimal.

 

Ketika Runtime, jangan Sampai Lebih dari 80%

Harga jual ups memang cukup mahal, sehingga penting memperhatikan hal – hal kecil yang berpengaruh terhadap kerusakan ups tersebut. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah Runtime UPS. Jangan sampai runtime UPS ini melebihi angka 80% dari kapasitasnya, karena dapat memperpendek usia UPS tersebut.

Itulah beberapa tips untuk menjaga agar baterai UPS tetap awet. Hal ini tentu penting untuk diperhatikan mengingat harga jual ups tergolong relatif mahal, Anda bisa mensurvei harga UPS terlebih dahulu lewat internet atau seperti di Indotrading.com agar bisa menyiapkan budget dan pilihan UPS yang Anda butuhkan.